Sunday, May 19, 2013

17 Cabang Biologi yang Perlu Anda Ketahui



Biologi adalah cabang keilmuan yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup.
Istilah biologi berasal dari kata Yunani bios (hidup) dan logo (ilmu).

Biologi bukan merupakan satu cabang keilmuan tunggal. Seiring waku, akibat cakupan yang luas serta dibutuhkannya spesialisasi, berbagai cabang biologi turut terbentuk.

Cabang-cabang Biologi
Berikut adalah cabang-cabang biologi yang perlu Anda ketahui.

1. Botani
Botani berkonsentrasi pada upaya mempelajari tumbuhan. Cabang keilmuan ini mencakup semua aspek tentang tumbuhan seperti klasifikasi, pertumbuhan, reproduksi, penyakit, dan aspek lainnya.

2. Zoologi
Zoologi berfokus pada upaya mempelajari hewan. Zoologi memiliki berbagai sub-cabang yang mempelajari jenis hewan yang berbeda. Misal, mamalogi adalah sub-cabang zoologi yang mempelajari mamalia.

3. Mikrobiologi
Nama ‘mikrobiologi’ menunjukkan spesialisasi bidang keilmuan ini yang berfokus pada mikroba dan interaksinya dengan makhluk hidup lain.

4. Biokimia
Dalam organisme hidup, reaksi kimia amat penting untuk kelangsungan berbagai proses tubuh. Upaya mempelajari hal tersebut tercakup dalam biokimia.

5. Fisiologi
Fisiologi didefinisikan sebagai studi tentang organisme hidup, khususnya yang berhubungan dengan organ internal dan proses yang berkaitan dengan fungsinya secara keseluruhan.

6. Bioteknologi
Bioteknologi termasuk cabang baru dalam biologi, yang berkaitan dengan penggunaan mikroorganisme untuk kesejahteraan atau kepentingan umat manusia.

7. Mikologi
 Menurut taksonomi modern, jamur bukan termasuk dalam tanaman atau binatang. Mikologi adalah cabang biologi yang khusus mempelajari jamur.

8. Entomologi
Entomologi secara eksklusif merupakan cabang biologi yang mempelajari serangga. Cakupan entomologi meliputi taksonomi, fitur, adaptasi, peran, dan perilaku serangga.

9. Ekologi
Ekologi digunakan untuk mempelajari hubungan antara mahluk hidup (hewan dan tumbuhan) dan lingkungannya.

10. Anatomi
Anatomi adalah cabang biologi yang mempelajari struktur tubuh, organ internal, dan fungsi organ pada hewan maupun tumbuhan.

11. Biologi Perkembangan
Seperti namanya, biologi perkembangan berurusan dengan berbagai tahapan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

12. Kriobiologi
Kriobiologi mempelajari kaitan antara suhu sangat rendah dengan kondisi sel hidup dan organisme secara keseluruhan.

13. Sitologi dan Biologi Molekuler
Sitologi mempelajari struktur, fungsi, bagian, dan kelainan sel. Sedangkan biologi molekuler mempelajari organisme pada tingkat molekuler.

14. Genetika
Genetika merujuk pada cabang biologi yang berfokus pada gen, faktor keturunan, dan atribut lain yang membuat organisme bervariasi satu sama lain.

15. Biologi Evolusi
Organisme pada saat ini telah melalui proses panjang yang disebut evolusi. Biologi evolusi merupakan cabang biologi yang berfokus pada evolusi spesies.

16. Etologi
Etologi merupakan sub-cabang zoologi yang mempelajari adaptasi perilaku hewan, khususnya di habitat aslinya.

17. Bioinformatika
Bioinformatika pada dasarnya berhubungan dengan studi genom dan aplikasi pengolahan data, pengetahuan komputasi, serta aplikasi statistik.

Source: http://amazine.co/25247/inilah-17-cabang-biologi-yang-perlu-anda-ketahui/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...