Thursday, May 23, 2013

Ketika Si Kecil Mabuk Dalam Perjalanan



Liburan bersama si kecil menggunakan kendaraan pribadi memang menyenangkan, selain itu juga bisa memperkenalkan si kecil dengan pengalaman-pengalaman baru selama di perjalanan.

Namun, ada sedikit kendala bagi orang tua yang mengajak si kecil liburan menggunakan kendaraan pribadi, terutama jika liburan ke tempat yang cukup jauh, yaitu mabuk darat.


Carsickness atau mabuk darat terjadi karena komplikasi pesan yang diterima oleh otak yang dikirim oleh mata, telinga dan indra tubuh lainnya.

Jika seorang anak duduk di kursi belakang kendaraan, maka ia akan merasakan banyak gerakan tapi matanya tidak dapat melihat ke luar jendela kalau ia sedang bergerak, namun tubuhnya sama sekali tidak bergerak. Pada sebagian anak, pesan yang membingungkan ini dapat menyebabkan mual.

Ada beberapa cara untuk menghindari si kecil dari mabuk darat, salah satunya dengan memberikan campuran jahe bubuk dengan air putih, 20 menit sebelum melakukan perjalanan. Jahe dipercaya dapat menghilangkan rasa mual. Untuk antisipasi selalu siapkan obat khusus mabuk darat ini dalam tas Anda.

Cara lainnya adalah dengan memasang tirai di setiap jendela samping kendaraan agar si kecil hanya melihat ke jendela depan. Jauhkan si kecil dari mainan dan buku selama perjalanan, usahakan perhatian si kecil hanya pada pemandangan di depan.

Sediakan air putih yang banyak dan makanan kecil yang segar, seperti buah-buahan, anggur, apel, atau snack lainnya karena rasa lapar dapat memancing rasa mual. Jika si kecil masih merasa mual, hentikan perjalanan sekitar 1-2 jam agar si kecil dapat menghirup udara segar. Nah, selamat berlibur...

Source: http://perempuan.com/read/ketika-si-kecil-mabuk-dalam-perjalanan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...