Monday, May 20, 2013

Kisah Soekarno Pilihkan Istri Untuk Hatta



Sebagai sosok yang pernah menjadi orang pertama di Indonesia, Bung Karno tentu banyak berjasa pada bangsa dan negara ini. Termasuk kepada wakilnya, Mohammad Hatta.

Anak sulung Bung Karno, Megawati Soekarno Putri mengatakan hanya karena ‘diam’, Bung Karno berhasil menyatukan Bung Hatta dengan Rachmi Rahim.
“Ibu saya bercerita, suatu waktu Bapak (Bung Karno) bertanya kepada Bung Hatta mengenai pasangan hidup. Ditanya begitu, Bung Hatta hanya diam saja,” kata Megawati.
Awal cerita, kata Mega, Keluarga Rahim kenal dekat dengan Bung Karno. Mereka memiliki dua putri, salah satunya bernama Rachmi. Kemudian Bung Karno datang kepada Bung Hatta, bukan menanyakan tugas negara. Tapi soal pasangan hidup.

Sesampainya bertemu Bung Hatta, Bung Karno bertanya “Bung, apakah anda tidak merasa kesepian, hidup tanpa adanya istri?” Kata Mega menirukan ucapannya Bung Karno.
Ditanya seperti itu, Bung Hatta hanya terdiam. Jawaban yang sama juga diberikan Bung Hatta, ketika Bung Karno menanyakan perasaan cinta sosok yang terkenal jujur dan bijaksana itu kepada Rachmi, putri keluarga Rahim.

Tidak lama setelah Bung Karno mendapat inti permasalahan, dia langsung mendatangi keluarga Rahim. Dan menceritakan apa yang telah diobrolkan dengan Bung Hatta.
“Bung (Rahim), Hatta itu jatuh cinta sama putrimu, Rahmi, bagaimana? Tanyakan saja sama Rahmi,” kata Mega menirukan obrolan Bung Hatta dengan Rahim .
Mendapat jawaban seperti itu, Bung Karno langsung menanyakan Rachmi apakah mau dilamar Bung Hatta. Dan jawabannya sama dengan Bung Hatta, hanya diam.
“Melihat Rachmi hanya diam, maka keduanya pun ternyata saling cinta dan akhirnya menikah,” terang Mega. “Intinya adalah diam bukan berarti tidak berbuat apa-apa, diam memiliki banyak arti, termasuk tanda setuju,” kata Mega. Dialah Rachmi Rahim yang biasa dipanggil Yuke. Usia Hatta dan Yuke terpaut 24 tahun. Saat menikah Yuke baru berusia 19 tahun. Maklum, Hatta pernah berjanji tidak akan menikah selama Indonesia belum merdeka.
Di sebuah Vila di Megamendung Bogor tanggal 18 November 1945, keduanya menikah. Pernikahan Hatta dan Rachmi Rahim berlangsung 35 tahun. Rachmi membaktikan hidupnya untuk pria luar biasa ini dan Hatta membuktikan, tak ada wanita lain dalam hidupnya.

Source: Admin @SejarahRI Twitter

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...