Tuesday, June 4, 2013

Dua Bandara Dengan Nama Pahlawan Wanita




Banyak cara untuk mengenang jasa para pahlawan, salah satunya mengadopsi nama mereka sebagai nama bandara-bandara di Indonesia. Beberapa yang kita tahu, para pahlawan pria lah yang namanya digunakan, sebut saja Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Bandara Sultan Hassanudin di Makasar, Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Tidak banyak Bandara yang mengabadikan nama pahlawan wanita di dalamnya, dari ratusan Bandara Domestik dan Internasional yang tercatat di seluruh daerah di Indonesia. Hanya dua Bandara yang menggunakan nama pahlawan wanita, yakni;

Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu

Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu

Bandara yang terletak di  Jl. Raya Padang kemiling – Slebar – Bengkulu ini semua bernama Bandara Padang Kemiling, baru pada 14 November 2001 lah mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri meresmikan nama Bandara ini menjadi Bandara Fatmawati Soekarno.
Fatmawati yang bernama asli Fatimah lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923. Selain menjadi pendamping Bung Karno, Fatmawati memiliki jasa besar dalam proses Kemerdekaan RI, yaitu sebagai penjahit bendera pusaka, Bendera Merah Putih.

Bandara Cut Nyak Dien, Nagan Raya


Bandara Cut Nyak Dien, Nagan Raya

Terletak sekitar 45km dari Kota Meulaboh, Bandara Nagan Raya terletak di Kota Nagan Raya, Nangore Aceh Darussalam. Hanyalah maskapai Susi Air yang melayani penerbangan di Bandara ini, dan rutenya pun hanya ke Banda Aceh (BTJ) dan Medan (MES).
Cut Nyak Dien sendiri adalah pahlawan wanita kelahiran Aceh yang juga dikenal sebagai pejuang wanita yang berhati baja dan ibu bagi rakyat aceh.

(Sumber artikel: Tourism News, Sumber Gambar: Berbagai Sumber)

Admin @SejarahRI Twitter

Sumber: http://uniqpost.com/73788/dua-bandara-dengan-nama-pahlawan-wanita/#_

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...