Thursday, May 30, 2013

Perlunya Menghargai Cinta Dalam Hidup




Perasaan cinta bisa dikatakan suatu ekspresi dari batin seorang yang membuat seorang tersebut merasa lebih tertatik untuk menjalin hubungan dengan seorang yang mereka sukai.

Banyak yang mengungkapkan rasa cinta mereka dengan mudah namun sangat sulit untuk menjaga dan memahami cinta itu. Sebuah kebahagian dan kesedihan tentu akan berawal dari cinta. Menghargai adanya cinta merupakan salah satu hal yang wajib dan perlu dilakukan setiap orang.

Berikut cara sederhana dalam menghargai kehadiran cinta:

1. Mencintai dengan keikhlasan hati
Ikhlas dalam mencintai seseorang merupakan syarat utama dalam proses mendapatkan keberkahan dan kenikmatan yang tiada tara. Dengan ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu, akan menjaga perasaan cinta itu menjadi tetap sehat, baik dan kuat. Kokohnya perasaan cinta adalah sebuah perjalanan hati yang didasari pada keikhlasan. Tanpa keikhlasan, maka Anda tak akan mendapatkan apapun melainkan penyesalan suatu saat nanti.

2. Jujur dalam menyikapi cinta
Kejujuran merupakan perbuatan yang dapat memperkokoh perasaan cinta yang tumbuh dalam hati. Dengan bersikap jujur, maka seseorang akan merasakan manisnya cinta, sedangkan kebohongan merupakan bom waktu yang setiap saat akan meledak.

Kejujuran ini merupakan bentuk sikap yang didasarkan pada perilaku hati seseorang dalam menyikapi apa yang ia cintai. Sehingga bila sikap jujur telah tertanam dalam diri Anda, dan Anda terapkan dalam segala hal terutama cinta terhadap manusia lainnya, maka cinta akan menjadi kebaikan yang mengundang kebahagiaan dan keberkahan dalam hidupnya.

3. Jangan menjadikan cinta sebagai permainan dan pelampiasan
Cinta itu suci dan cinta akan menjadikan si pemiliknya menjadi mulia manakala ia tidak menjadikan cinta sebagai sarana mempermainkan hati seseorang, atau hanya untuk bersenang-senang saja.

Bila Anda melakukan ini, maka suatu saat nanti Anda akan merasakan cinta itu sebagai suatu perasaan hati yang hampa dan jiwa Anda pun akan menjadi permainan hati Anda sendiri. Jangan nodai perasaan cinta dengan perbuatan-perbuatan buruk, dan jangan coba-coba untuk mempermainkan perasaan hati, karena ia akan menjadi masalah besar bagi Anda pada akhirnya.

4. Memahami tujuan cinta yang dibangun
Tujuan utama cinta sebenarnya adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri terhadap apa yang ia sayangi. Jadi, bila tujuan ini dijaga, maka harapan Anda untuk memiliki apa yang Anda cintai akan lebih dekat, namun bila tujuan cinta ini Anda tidak memahaminya, maka ia akan menjadi perasaan yang tiada arti bagi Anda sendiri dan menjadikan harapan Anda semakin jauh dari kenyataan apalagi sampai pada tahap keberkahan dan kebahagiaan.

Source:  http://perempuan.com/read/perlunya-menghargai-cinta-dalam-hidup

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...