Thursday, May 16, 2013

Meteorit Hijau yang Ditemukan di Maroko Berasal dari Merkurius?


Para ilmuwan mungkin telah menemukan meteorit pertama dari planet Merkurius, planet terdekat dari matahari di tata surya kita.

Batu hijau ini ditemukan di wilayah Maroko setahun yang lalu, dan diprediksi merupakan batu ‘pengunjung’ pertama yang diketahui dari planet terdalam di tata surya kita, menurut ilmuwan meteorit Anthony Irving.
Anthony Irving menjelaskan penemuan baru itu bulan ini di Konferensi Sains Bulan dan Planeter ke-44 di Texas. Studi Irving menjelaskan bahwa meteorit hijau yang disebut NWA 7325 ini ternyata berasal dari Merkurius, dan bukan asteroid atau batu dari planet Mars.


NWA 7325 sebenarnya sekelompok 35 sampel meteorit yang ditemukan pada tahun 2012 di Maroko. Batuan-batuan itu berumur sangat lama, Irving dan timnya yang meneliti meteorit hijau itu memprediksi usianya sekitar 4,56 miliar tahun.

Meteorit hijau yang mendarat di Maroko diprediksi dari planet Merkurius


Irving adalah Profesor Sains Bumi dan Antariksa di Universitas Washington, dia telah mempelajari meteorit selama bertahun-tahun. Menurutnya, meteorit NWA 7325 tidak seperti meteorit yang selama ini ditemukan di Bumi sebelumnya, jelasnya pada space.com.

Meteorit dari Mars bisa dikenali dengan adanya beberapa bekas atmosfer Mars padanya, sehingga membedakan meteorit Mars dengan batuan lainnya bisa dengan cara sederhana. Namun NWA 7325 tidak menyerupai semua batu luar angkasa yang pernah didokumentasikan oleh para ilmuwan selama ini.

Meteorit hijau NWA 7325 memiliki intensitas magnet yang lebih rendah daripada batuan lainnya yang pernah ditemukan, kata Irving.

Meteorit hijau NWA 7325 adalah batu luar angkasa pertama Merkurius yang ditemukan di Bumi

Data yang dikirim kembali oleh pesawat ruang angkasa Messenger milik NASA yang saat ini mengorbit di sekitar Merkurius menunjukkan bahwa magnet rendah yang dimiliki planet ini mirip dengan apa yang ditemukan pada meteorit NWA 7325, kata Irving.

Pengamatan satelit Messenger juga mendukung hipotesis Irving, yakni permukaan planet Merkurius sangat rendah zat besi. Dan meteorit NWA 7325 juga rendah zat besi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...