Sunday, June 9, 2013

Berapakah Jumlah Negara di Dunia?



Menghitung jumlah negara di dunia sekilas merupakan hal sederhana, namun pada kenyataannya tidaklah demikian.

Hal ini disebabkan tidak hanya karena lanskap perpolitikan yang berubah, tetapi juga karena adanya perbedaan mengenai definisi negara.


Menurut PBB, terdapat 193 negara yang diakui, dengan 192 sebagai anggota PBB.

Sedang satu negara, Kota Vatikan, merupakan pengamat permanen dengan tetap memiliki hak suara.

Namun terdapat pula pengelompokan lain yang dilakukan oleh Montevideo Convention pada tahun 1933.

Menurut Montevideo Convention, negara harus memiliki pemerintahan, memiliki hubungan diplomatis dengan negara lain, memiliki wilayah yang ditetapkan, dan memiliki populasi permanen.

Dengan definisi ini akan terdapat 201 negara yang mencakup 193 negara versi PBB, serta delapan negara tambahan.

Negara tambahan tersebut meliputi Sahara Barat, Taiwan, Siprus Utara, Somaliland, Ossetia Selatan, Transnistria, Abkhazia, dan Nagorno-Karabakh.
Negara-negara diatas memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Montevideo Convention, meskipun belum diakui PBB karena masih memiliki masalah dengan negara ‘induknya’.

Diluar itu, terdapat pula teritori yang berpotensi disebut negara meskipun belum memiliki persyaratan yang ditetapkan oleh Montevideo Convention.

Negara-negara tersebut diantaranya adalah Kepulauan Cook, Palestina, dan Republik Chechnya sehinga membuat jumlah negara di dunia berkisar antara 210-230 buah.

Lebih jauh lagi, jumlah negara akan semakin menggelembung jika negara yang menjadi bagian dari negara yang lebih besar dimasukkan sebagai negara independen.

Salah satu contoh adalah negara-negara Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara yang merupakan bagian dari United Kingdom.

Jadi, berapa banyak negara yang ada di dunia?

Jawabannya bervariasi, 193 menurut hitungan PBB, 201 menurut interpretasi Montevideo Convention, dan sekitar 220 menggunakan interpretasi yang lebih longgar.

Dan jika kita menghitung negara berdasarkan sufiks domain internet seperti misalnya .id untuk Indonesia atau .us untuk AS, kita akan menemukan 243 negara.

Sumber: http://amazine.co/14506/berapakah-jumlah-negara-di-dunia/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...